Tips dan Cara Megobati Tekanan Darah Rendah

 on Thursday, June 12, 2014  

Tips dan Cara Megobati Tekanan Darah Rendah- Saat ini masalah tekanan daraha rendah telah menjadi masalah yang umum ditemukan, mereka yang terkana tekanan darah rendah jika berada pada rentang -20/-10 mm/hg di bawah ukuran normalnya. Ukuran tersebut berlaku baik untuk orang dewasa maupun lanjut usia. 

Tips dan Cara Megobati Tekanan Darah RendahPadahal normalnya tekanan darah orang dewasa berada pada kisaran 120/90 mm/hg. Sedangkan pada orang lanjut usia berkisar antara 130/90 – 140/90 mm/hg. Penyebab munculnya darah rendah secara klinis dipengaruhi oleh kemampuan pembuluh darah memompa darah ke seluruh bagian tubuh.Dan beberapa penyakit, seperti beri-beri maupun anemia, menyebabkan pembuluh darah tidak cukup kuat untuk menjalankan fungsinya. Akibat selanjutnya suplai oksigen ke otak pun menjadi tidak lancar.

Tekanan darah rendah bisa menjadi akut. Kalau sudah begini, penanganan tepat sangatlah di perlukan. Penangan yang salah dapat menjadi fatal. Obat obatan yang dapat membantu memulihkan tekanan darahnya harus dikonsumsi oleh pasien.

Sementara pada tahap kronis, yaitu ketika gejala sudah berlangsung menahun, langkah terbaik untuk mengatasinya adalah mencari penyebab utamanya. Tidak tuntasnya penanganan faktor pemicu memungkinkan terjadinya komplikasi. Jangan anggap sepele gejala ini. Kurangnya oksigen di jaringan tubuh bisa menimbulkan kerusakan jantung, liver dan ginjal.

Berikut beberapa Tips dan Cara Megobati Tekanan Darah Rendah:
  1. Jika secara tiba-tiba Anda mengalami gejala tekanan darah rendah, segeralah duduk dan beristirahat sejenak. Carilah tempat yang cukup lapang sehingga memudahkan Anda bernafas. Minumlah air hangat, akan lebih baik jika minum yang manis-manis.
  2.  Biasakan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Terlalu banyak junkfood akan membuat Anda kekurangan zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh.
  3. Hindari makanan berlemak. Bagi diabetesi (penyandang penyakit diabetes), sesuaikan jumlah kalori yang masuk dengan kadar gula rendah.
  4. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran. Sayur mengandung zat besi yang dapat membantu terbentuknya hemoglobin.
  5. Buah-buahan dan beberapa jenis jamu tradisional juga baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah rendah.
  6. Berolah raga secara teratur, namun jangan berlebihan. Untuk mengganti ion tubuh yang hilang sehabis berolah raga atau beraktivitas lainnya, minumlah campuran air gula dan garam.
  7. Perbanyak minum air mineral dua liter per hari. Sesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan. Bandingkanlah jumlah air yang dikeluarkan tubuh, baik melalui keringat maupun air seni.
Walaupun tips diatas dapat membantu anda mengatasi tekanan darah rendah, sebenarnya setiap orang bisa saja mengalami tekanan darah rendah, tidak pandang usia. Tapi perempuan memang lebih banyak. Ini karena perempuan mengalami siklus haid dan juga melahirkan.keletihan, kurang gerak dan kehamilan juga dapat menjadi pemicu tekanan darah rendah.

Menurunnya tekanan darah yang bukan disebabkan oleh penyakit dapat diatasi dengan cukup mudah. Untuk mengatasi tekanan darah rendah akibat keletihan, cara paling sedergana ialah dengan mengkonsumsi banyak air. Kurangnya cairan tubuh akan membuat darah menjadi kental. Dengan sendirinya kondisi ini menyulitkan kerja pembuluh darah.

Olah raga pun bisa membantu mengatasi tekanan darah rendah. Dan untuk tekanan darah rendah karena beberapa sebab lain, konsumsi suplemen penambah darah juga bermanfaat. 

Semoga informasi kesehatan tentang Tips dan Cara Megobati Tekanan Darah Rendah dapat membantu anda, dan sebaik-baiknya menobati penyakit adalah mencegah penyakit itu muncul. Terimakasih.
Tips dan Cara Megobati Tekanan Darah Rendah 4.5 5 Unknown Thursday, June 12, 2014 Tips dan Cara Megobati Tekanan Darah Rendah- Saat ini masalah tekanan daraha rendah telah menjadi masalah yang umum ditemukan, mereka yang ...


No comments:

Post a Comment