Mengenal Virus MERS

 on Saturday, May 10, 2014  

Mengenal Virus MERSMengenal Virus MERS- Virus MERS (Middle Eastern Respiratory Syndrome) merupakan virus yang termasuk dalam kelompok Coronavirus, kelompok virus yang permukaan “tubuhnya” diselimuti oleh struktur yang mirip dengan mahkota . Penyakit yang disebabkan oleh virus MERS pertama kali terdeteksi pada tahun 2012 di Jordania dan menyebabkan korbannya meninggal dunia yaitu seorang mahasiswa dan seorang perawat

Sebagai anggota keluarga virus Corona yang mana sekelompok dengan virus SARS, rata-rata, angka kematian akibat virus MERS sangat tinggi capai 50 persen. Sedangkan angka kematian virus SARS hanya capai 10 persen saja.

Ciri-ciri dan gejala virus MERS 
Virus MERS yang menjangkit manusia mirip dengan penyakit flu biasa. Sehingga, sukar dideteksi medis kecuali dengan pemeriksaan lebih lanjut. Meski demikian virus MERS miliki gejala khusus yakni:
  • Nafas pendek tersengal-sengal seperti ISPA
  • Deman di atas 38 derajat celcius
  • Batuk
  • Pneumonia dan gagal ginjal
  • Sakit di dada

Virus ini akan menyerang penderita yang miliki kekebalan tubuh rendah. Mereka seperti lansia, orang yang mudah lelah, anak kecil, serta mereka yang sedang dalam perjalanan.

Cara Virus MERS Menular

Menurut Health Protection Agency, penularan virus MERS sangat terbatas. Sebab, jika penularannya sangat mudah maka jumlah korban terinfeksi akan jauh lebih besar lagi. Pengandaiannya, jika si A menularkan ke si B, maka si B tidak mudah menularkan ke si C.

Ini disebut sebagai penularan tertiary. Penularan yang bisa terjadi ke orang-orang yang berada dalam kontak dekat. Misalkan saja di kasus dari pasien ke petugas kesehatan. Inkubasi ini berlangsung kurang lebih selama satu pekan.

Meski demikian penderita virus MERS wajib mendapat perlindungan khusus dan maksimal. Mereka wajib berada dalam ruang isolasi dan petugas kesehatan wajib gunakan pakaian khusus. Namun, menurut WHO virus Korona adalah satu jenis virus yang mudah dibunuh dengan sabun anti-bakteri. Maka sangat dianjurkan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun tatkala di luar ruangan dan gunakan masker.


Virus MERS di Arab Saudi sendiri telah ada sekitar 326 kasus virus MERS. Ada 26 kasus baru yang muncul pada akhir pekan lalu. Total tercatat ada 102 korban meninggal dunia. Bagi mereka yang miliki rencana untuk berpergian ke Tanah Suci, diminta untuk senantiasa waspada. Selama di Arab Saudi, harap terapkan perilaku hidup sehat dan lindungi diri dari penularan. Misalkan saja selalu mencuci tangan jika di luar ruangan dan kenakan masker.
Mengenal Virus MERS 4.5 5 Kata Mutiara Terbaru Saturday, May 10, 2014 Mengenal Virus MERS - Virus MERS ( Middle Eastern Respiratory Syndrome) merupakan virus yang termasuk dalam kelompok Coronavirus, kelompok ...