Mengenal Sistem CAT CPNS 2014

 on Saturday, June 21, 2014  

Mengenal Sistem CAT CPNS 2014- Untuk meningkatkan kualitas Pegawai negeri Sipil (PNS), metode atau sisitem rekruitment CPNS 2014 mengalami perubahan. Dengan sisitem yang baru ini tingkat keberhasilan seorang pelamar CPNS akan meningkat.
Mengenal Sistem CAT CPNS 2014
Jika sebelumnya setiap pelamar CPNS hanya bisa masuk dalam satu Institusi, dengan Sistem CAT, setiap pelamar CPNS 2014 akan dapat masuk ke Instansi lain. Hal tersbeut tentu disambut gembira oleh sejumlah pelamar termasuk kami . 

Mengingat banyaknya pelamar yang memiliki keahlian tertentu tidak dapat masuk CPNS ke Instantsi lain karean dia telah memilih formasi tertentu di Instansi lain. 

Untuk mengetahui informasinya anda dapat mengecek berita ini. yang didapat dari sejumlah media massa Nasional.
Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman.
"Ya, rencananya mirip UMPTN. Pelamar bisa memilih tiga pilihan dalam satu instansi. Misal melamar di kemenkeu, jurusan akuntansi misalnya, bisa memilih jabatan A, B, dan C. Karena hampir semua lowongan di kemenkeu itu butuh akuntan,"Ungkapnya.

Hal senada disampaikan Kabid Penyiapan Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur KemenPAN-RB Supardiyana.

Dijelaskan, salah satu yang menarik dalam tes CPNS tahun 2014 ini, seorang pelamar bisa mendaftar lebih dari satu pilihan. “Satu orang dapat melamar tiga jabatan yang memiliki kualifikasi yang sama, dalam satu instansi,” jelas Supardiyana.

Kalau tahun lalu, pelamar bisa mendaftar di berbagai instansi, kali ini cukup mendaftar di satu instansi, tetapi pilihannya dapat di beberapa instansi. Yang penting kualifikasinya sama, pelamar dapat memilih tiga instansi, dan tesnya cukup sekali.

Mengenai soal tes, dia menjelaskan, berbeda dengan tahun lalu, kali ini ada 17 perguruan tinggi negeri ikut serta dalam penyusunan soal tes kompetensi dasar (TKD), yang kemudian akan diintegrasikan.  Dengan demikian, jumlah soalnya menjadi semakin banyak variasinya.

Sementara, terkait dengan sistem CAT, Herman menjelaskan, pihak KemenPAN-RB berupaya agar para pelamar bisa mengenal lebih awal sistem kompuerisasi itu. Caranya, antara lain dengan melakukan simulasi CAT dalam job fair di Hall Senayan City Jakarta, tanggal 18 – 19 Juni mendatang. Simulasi CAT juga akan digelar dalam job fair di Gedung Wanita Bogor tanggal 24-25 Juni 2014.

 "Simulasi itu dilakukan agar para pelamar pegawai ASN lebih familier dengan metode baru tes CPNS, sehingga mereka bisa konsentrasi belajar materi tes. Tes CPNS terdiri dari tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB). Untuk TKD, seluruhnya akan menggunakan CAT, dengan materi wawasan kebangsaan, karakteristik pribadi, dan intelegensia umum," terangnya.

Bagaimana dengan para calon pelamar di daerah-daerah agar juga bisa mengenal sistem CAT? Herman mengatakan, pihaknya akan memasukkan CAT ke dalam website kemenPAN-RB. Saat ini sedang diolah agar sistem itu bisa masuk di website.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa diakses, sehingga masyarakat  dapat menggunakannya dari mana saja dan kapan saja. Para calon pelamar CPNS bisa latihan menggunakan CAT,” pungkas Herman.
Apa Sebenarnya CAT?

Tapi teidak semua orang dapat memahami apa sebenarnya sistem CAT tersebut, berikut uraian singkat tentang CAT dalam CPNS 2014 yang kami rangkum dari sejumlah sumber:
CAT ( Computer Assisted Test) adalah salah satu metode ujian dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar maupun standar kompetensi kepegawaian. Manfaat penggunnaan CAT yaitu tersedianya keseluruhan materi soal terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum, Tes Kepribadian, serta Tes Kompetensi Bidang.

Setiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda-beda untuk tingkat kesulitan yang sama karena bank soal akan diacak oleh program CAt ini. Kerahasiaan soal akan terjamin karena tidak memerlukan lembar soal dan lembar jawaban komputer (LJK). Begitu juga dengan penilaian yang dilakukan secara objektif dan transparan karena yang memeriksa hasil ujian langsung oleh aplikasi CAT.

Secara teknis para peserta yang mengikuti tes CPNS menerima soal secara online, kemudian langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Jawaban yang diberikan tersebut akan langsung masuk ke server atau database pusat dan dikumpulkan di sana. Setiap peserta akan langsung mengetahui skor atau nilai hasil ujian setelah selesai mengerjakan soal-soal CPNS.

Sistem CAT tidak bisa direkayasa, sebab sistem komputer akan langsung memeriksa jawaban tiap peserta. Meskipun tesnya tidak serentak, setiap soal akan berbeda antar peserta. Apalagi Badan Penyelenggara Negara CPNS telah memiliki bank soal yang memuat hingga puluhan ribu soal.

Sistem CAt memang tidak didesain untuk pelaksanaan tes secara massal dan masif. Sebagai contoh, instansi yang memiliki 100 unit komputer (PC) , dapat melaksanakan tes dengan sistem CAT bagi 500 orang setiap hari (5 sesi) atau 3.000 peserta dalam seminggu ( 6 hari kerja).

Untuk lebih mudah memahami sistem CAT , bisa dilihat melalui ilustrasi dari alur sistem kerja CAT di bawah:


Maksud dan tujuan Penggunaan Sistem CAT:
  1. Memepercepat proses pemeriksaandan laporan hasil
  2. menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional
  3. Menetapkan Standar Nilai
Keunggulan dan Manfaat Penggunaan CAT
  1. Peserta tes dapat mendaftarkan melalui internet
  2. Peserta tes dapat melihan nilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh
  3. Komputer menyediakan keseluruhan materi soal kompetensi Dasar (Tes pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan)
  4. Penilaian dilakukan secara objektif
  5. Peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperolehnya.
Semoga Informasi tetnang Mengenal Sistem CAT CPNS 2014 dapat membantu anda lebih siap menghadapi CPNS 2014 ini. Jangan lupa cek Informasi Lowongan CPNS 2014 Terbaru, yang selalu kami update.
Mengenal Sistem CAT CPNS 2014 4.5 5 Maria Ulfa Saturday, June 21, 2014 Mengenal Sistem CAT CPNS 2014- CAT ( Computer Assisted Test) adalah salah satu metode ujian dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar maupun standar kompetensi kepegawaian Mengenal Sistem CAT CPNS 2014- Untuk meningkatkan kualitas Pegawai negeri Sipil (PNS), metode atau sisitem rekruitment CPNS 2014 mengala...