5 Tips Mencegah Diabetes

 on Thursday, June 19, 2014  

Di Indonesia penyakit diabetes atau diabetes melitus merupakan salah satu penyakit berbahaya yang umum dimiliki masyarakta Indonesia. Di dunia kedokteran sendiri diabetes dikenal sebagai penyakit yang dapat menyerang semua manusia dari berbagai usia. 

Penyakit diabetes sendiri terjadi karena  hormon insulin tidak berfungsi dengan normal dan juga sel-sel pada tubuh tidak dapat merespon insulin itu sendiri. padahal hormon insulin berfungsi membantu menstabilkan kadar gula dalam darah anda. 

Munculnya penyakit Diabets ini terjadi akibat pola hidup tidak sehat, dan telah menjadi faktor utama dan seringkali muncul. Diabetes sendiri terdiri dari tiga jenis yaitu diabetes tipe satu, diabetes tipe dua serta diabetes gestational. Diabetes tipe dua merupakan penyakit diabetes yang paling banyak ditemukan menyerang kehidupan manusia di seluruh dunia termasuk di bumi pertiwi ini. Ada tiga tanda saat kandungan gula darah dalam tubuh tinggi seperti sering kencing, mudah haus, dan terlalu cepat lapar.
. Berikut ini 5 tips ampuh mencegah diabetes yang efektif :
  1. Rutin berolahraga. Sudahkah anda berolahraga hari ini...???. Semua orang termasuk anda tentu tidak akan menolak pernyataan "Olahraga baik untuk kesehatan tubuh".  Manfaat olahraga terkait dengan diabetes yaitu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh serta merangsang hormon insulin untuk berperan sesuai dengan fungsinya.
  2. Penuhi kebutuhan akan serat. Buah-buahan merupakan sumber serat yang di perlukan oleh tubuh anda. Manfaat serat terkait dengan diabetes yaitu membantu kerja insulin dalam menstabilkan gula darah dalam tubuh dan berperan dalam menurunkan berat badan anda. Karena berat badan berlebih lebih beresiko besar terserang penyakit diabetes ini.
  3. Jaga berat badan anda. Dalam hal ini, milikilah berat badan yang proporsional atau dengan kata lain tidak terlalu gemuk serta tidak terlalu kurus. Ini dikarenakan, berat badan yang berlebih akan meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit diabetes melitus tersebut.
  4. Perhatikan makanan anda. Dalam hal ini, mulailah mengkonsumsi aneka makanan yang terbukti menyehatkan tubuh dengan porsi yang wajar atau tidak berlebihan. Beberapa makanan yang sehat yaitu aneka buah-buahan serta aneka sayuran yang bewarna hijau.
  5. Rutin check dan berkonsultasi dengan dokter spesialis. Dalam hal ini, Bertanya dengan dokter spesialis tentang berbagai penyebab penyakit diabetes dan tips efektif untuk menghindari penyakit diabetes tersebut.
Dengan menerapkan 5 Tips Mencegah Diabetes diaharapkan, resiko anda mengalami diabates semakin kecil. Namun alangkah lebih baiknya jika anda berkonsultasi dengan dokter kepercayaan anda sehingga anda akan mendapatkan tips mencegah diabetes yanglebih baik. Sebba setiap orang memiliki kecenderungan berbeda dalam terserang penyakit Diabetes.
5 Tips Mencegah Diabetes 4.5 5 Unknown Thursday, June 19, 2014 Tips mencegah diabetes efektif dan mudah diterapkan untuk anda yang memiliki resiko diabetes tinggi. Di Indonesia penyakit diabetes atau diabetes melitus merupakan salah satu penyakit berbahaya yang umum dimiliki masyarakta Indonesia. Di du...


No comments:

Post a Comment